Laporan Pandangan Umum 2014-2015

PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr.Wb
Puji syukur dengan tulus ikhlas kita panjatkan kehadirat Allah SWT, Tuhan semesta alam yang senantiasa memberikan kenikmatan yang luar biasa tak terhitung jumlahnya. Sholawat serta salam selalu tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi Muhammad SAW Rasul Allah sebagai tauladan umat Iskam. Semoga keselamatan tetap tercurahkan kepada kita sampai hari kiamat nanti.
Alhamdulilah atas izin dan kuasa-Nya kami dapat diberi kelancaran dalam menyusun dan menyampaikan Laporan Pandangan Umum DPM FE UAD periode 2014-2015. Laporan ini dibuat dan disusun guna sebagai pertanggungjawaban seluruh anggota DPM FE UAD selama 1 (satu) periode kepengurusan dalam jangka waktu 2014 hingga 2015 kepada Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan dan Keluarga Mahasiswa Fakultas Ekonomi khususnya.
Laporan ini memuat tentang deskripsikondisi DPM FE UAD 2014-2015 tentang keberhasilan yang telah dicapai dan belum berhasil dicapai. Jejak-jejak curahan pikiran, ucapan, dan perjuangan adalah pengabdian dedikasi penuh dan keikhlasan dari kami untuk belajar dan mencari pahala semata, serta untuk memperbaiki dan mengharumkan Fakultas Ekonomi Universitas Ahmad Dahlan.
Perguliran waktu telah menhantarkan kita kepada suatu akhir yang juga sebuah awal. Sekarang hanya torehan tinta yang dapat dibaca dan dikenang, semua menjadi memori yang hangat dalam benak kita dan harapan untuk kebaikan masa yang akan datang. Semoga hasil dari kinerja anggota DPM FE UAD masa bakti kepengurusan 2014-2015 ini dapat memberikan manfaat dan menebar berkah bagi seluruh Keluarga Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Ahmad Dahlan.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Yogyakarta, 28 Desember 2015
Ketua DPM FE UAD
¬
Senki Ariyo Nugraha
NIM 1300010047

BAB I
PENDAHULUAN

Selama satu periode kepengurusan, banyak hal-hal yang telah kita rancangkan, curahkan, dan perjuangkan. Masih teringat kenangan yang menjadi memori didalam benak kita sekitar setahun silam saat rapat kerja untuk merancang program-program kerja apa yang akan kita kerjakan dan perjuangkan untuk satu periode kedepan. Semangat bersama-sama untuk memikul amanah dan mewujudkan DPM FE 2014-2015 yang bisa lebih baik serta meluruskan satu tujuan satu pandangan, ini menjadi tekad awal kami untuk menjadi perwakilan mahasiswa. Amanah yang kita pikul tetaplah amanah, karena amanah yang kita pikul tidak hanya kita pertanggungkan di depan manusia saja, namun dimata Allah SWT.
Segala hal yang kami jalankan dalam roda organisasi insaalah tidak akan melewati batas pedoman Al Quran dan Hadits, UUD 1945, Pedoman Umum tentang Organisasi Mahasiswa, Statua UAD dan AD/ART KBM UAD yang kami jaga dalam koridor sebagaimana mestinya.
DPM FE merupakan lembaga legislatif yang berkedudukan di fakultas ekonomi yang mempunyai fungsi sebagai wahana mengakomodir segala aspirasi mahasiswa di tingkat fakultas, pengawas serta pembentuk perauran KBM FE UAD.Dalam mejalankan fungsinya dengan penuh hormat kami sampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah mendukung dan mengapresiasi setiap agenda yang kami jalankan, yaitu kepada:
1. Allah SWT, Tuhan semesta alam yang selalu memberikan rizki dan kemudahan yang tak terhitung jumlahnya,
2. Jajaran Pimpinan Universitas Ahmad Dahlan,
3. Jajaran Pimpinan Fakultas Ekonomi,
4. Seluruh komponen Organisasi Maahasiswa UAD dan Organisasi Ortom Muhammadiah,
5. Anggota DPM FE UAD senior dan semua anggota DPM FE UAD
6. Mahasiswa dan pihak-pihak yang mendukung.

BAB II
BAHASAN ISI

A. Landasan
Mejalankan kewajiban, fungsi dan wewnang sesuai dengan landasan pedoman yang berlaku serta hal-hal lain yang relevan dengan kelembagaan dan tidak bertolak belakang dengan nilai-nilai pada landasan yang dipedomani.
Landasan tersebut antara lain:
a. Al Quran dan Hadits,
b. UUD 1945,
c. Pedoman Umum Tentang Organisasi Mahasiswa,
d. Statuta UAD,
e. Hasil Kongres KBM UAD yang berlaku saat ini, dan
f. Hasil Kongres KM FE UAD tahun sebelumnya.

B. Kepengurusan dan Capaian
Dengan mengusung visi “Terwujudnya DPM FE UAD sebagai lembaga legislatif yang solid, profesional, peduli, dan dikenal luas dalam kebermanfaatan”, tentu tetaplah tidak terlepas dari sejumlah capaian yang bisa dan belum bisa terwujud, seperti belum maksimalnya kepedulian terhadap kedekatan dengan mahasiswa di fakultas ekonomi dan kegagalan dalam mewujudkan cita-cita nama DPM FE UAD agar dikenal dan diketahui keberadaanya di mata dan telinga masyarakat Fakultas Ekonomi. Kedua hal tersebut merupakan fokus dari visi yang di cita-cita kan tetapi belum bisa terwujud hingga waktu periode kepengurusan berakhir. Namun alhamdulilah dengan izin dan rahmat Allah SWT yang tercurahkan kepada DPM FE UAD serta dukungan, kerja keras dan profesionalitas seluruh anggota, alhamdulilah hingga saat ini ke 13 (tigabelas) anggota DPM FE UAD tetap solid, aktif, hangat, original belum ada yang mengundurkan diri ataupun tergantikan, dan tetap pada formasi hingga saat ini.
Sebagai lembaga legislatif dan menduduki posisi tertinggi dalam hal fungsi dan wewenang, DPM FE UAD selalu belajar dan berusaha membangun fungsi organisasi agar berkembang dan lebih baik.
Dalam kepengurusan harian, DPM FE UAD telah melakukan Upgrading Motifasi Tim dan Training Legislatif 2 (dua) untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang fungsi dari DPMF serta membentuk kesolidan antar individu di internal DPM FE UAD. Kunjungan kerja DPM F.Farmasi UAD untuk bertukar pikiran dan mencari inovasi dalam bentuk kepengurusan fungsi yang sama. Kunjungan Legislatif BPM FE Universitas Negeri Jakartauntuk bertukar pikiran dan mencari inovasi dalam bentuk kepengurusan organisasi yang berbeda dengan sistim yang diterapkan di UAD.
Dalam menjalankan fungsi Advokasi, DPM FE UAD telah menyelenggarakan JARING ASMARA (Jaring Apirasi Mahasiswa) dan Audiensi FE Bersuara, namun baru terlaksana masing-masing 1(satu) kali selama periode kepengurusan. Disamping itu upaya untuk menjaring aspirasi dari mahasiswa di Fakultas Ekonomi DPM FE UAD telah membuat kotak aspirasi , Pelayanan Konsultasi, pembuatan dan pengolahan Face Book dan Web Site namun belum bisa semaksimal dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya dikarenakan hilang, keterbatasan waktu dan pengetahuan yang kita miliki.
Sebagai lembaga yang memiliki fungsi pengawasan baik berupa anggaran maupun program kerja dan meminta pertanggungjawaban BEMF serta pelaksana AD/ART KBM UAD, peraturan KBMF, dan kebijakan-kebijakan Fakultas, DPM FE UAD telah berusaha sekeras dan semaksimal mungkin untuk mengontrol setiap kegiatan maupun isu-isu yang berkembang. Namun belum mencapai bentuk pengawasan yang benar-benar ketat bahkan belum ada bentuk pengawasan terhadap kebijakan-kebijakan oleh Fakultas yang seharusnya menjadi tugas dari DPMF sendiri.
Terakhir dalam menjalankan fungsi Legislatif. DPM FE UAD telah menyelenggarakan Kongres Luar Biasa Keluarga Mahasiswa Fakultas (KLB KM FE) di awal periode kepengurusan. Pembuatan rancangan Peraturan Dasar Fakultas (PERDAFAK) yang menjadi pedoman dalam menjalankan tugas bagi semua Ormawa di Fakultas Ekonomi. Pembuatan serta sosialisasi Prosedural Tetap Pemilihan Mahasiswa Fakultas Ekonomi (PROTAP PEMILWA FE) untuk memberikan kejelasan tentang peraturan-peraturan dalam pelaksanaan PEMILWA FE kepada KPU FE, Ormawa Fakultas Ekonomi, dan mahasiswa. Serta yang terakhir menyelenggarakan Kongres Keluarga Mahasiswa Fakultas Ekonomi pada tanggal 8 sampai 9 Januari 2016.

C. Kendala
Dalam satu periode kepengurusan, tentu tidak sedikit kendala dan ujian yang dihadapi, tetapi hal tersebut tidak menjadi penyurut semangat dalam berjuang untuk memajukan dan membawa nama baik DPM FE UAD walaupun dengan jumlah amunisi anggota paling sedikit bila dibandingkan ormawa lain di Fakultas Ekonomi dan sangat disyukuri semua anggota tetap sadar akan pentingnya menjalankan amanah. Dalam pelaksanaan tugas meskipun hambatan tidak cukup kuat untuk membatalkan seluruh agenda yang akan dilaksanakan tetapi bisa menjadi penghambat dan pengganggu di dalam roda organisasi.
Berikut sejumlah kendala yang dihadapi:
1. Alokasi dana dan subsidi yang masih minim,
2. Minimnya perlengkapan kerja yang belum memadai,
3. Suhu sekretariat yang panas dan kecil,
4. Terbatasnya ruang kelas kosong yang dikarenakan adanya jam kuliah malam,
5. Tidak adanya sanksi tegas dalam internal DPM FE UAD,
6. Kemalasan dan manajemen diri yang belum baik sehingga seringkali kesibukan menjadi alasan ketidak hadiran dan keterlambatan pada setiap rapat,
7. Semakin jenuh dan berkurangnya koordinasi dan komunikasi di akhir periode,
8. Belum adanya sistem controling yang baik.

BAB III
PENUTUP

Demikian “Laporan Pandangan Umum DPM FE UAD Periode 2014-2015” disampaikan dengan sebenar-benarnya dan dapat dipertanggungjawabkan secara utuh, tidak ada yang perlu ditutup tutupi karena tidak hanya dipertanggung jawabkan di mata manusia namun juga dihadapan Allah SWT dimana tidak ada aib yang luput dipersidangkan.
Ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada keluarga mahasiswa Fakultas Ekonomi yang telah mempercayakan amanah dan semoga keselamatan tetap tercurahkan kepada kita semua sampai hari kiamat nanti.
Tak lupa ucapan maaf yang sebesar-besarnya yang selama ini terpendam semoga dapat tersampaikan dan dapat diterima oleh segenap masyarakat di Fakultas Ekonomi karena belum bisa menjadi dewan perwakilan yang benar-benar mewakili dan tidak banyak yang dapat kami perbuat selama setahun.
Memang tugas DPM bukanlah pekerjaan yang diketahui orang banyak. DPM FE UAD juga memaklumi bila ada komentar negatif dalam 1 (satu) periode kepengurusan, tetapi yakinilah itu adalah untuk ekonomi yang lebih baik kedepanya.

Salam kebanggaan seluruh anggota DPM FE UAD yang telah bersama-sama di periode kepengurusan 2014-2015 dan semoga hasil pengabdian dan dedikasi penuh dapat bermanfaat juga bernilai ibadah. Dan semoga akan terlukis dalam hati dan ingatan yang takan pernah terlupakan.

Yogyakarta, 28 Desember 2015
Ketua DPM FE UAD
¬
Senki Ariyo Nugraha
NIM 1300010047

Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Ahmad Dahlan